Kenali Tarawangsa

Oleh Sinta Ridwan |

Ini adalah salah satu bagian dari semacam tugas mata kuliah folklor saat semester 3 waktu kuliah S2 Filologi. Waktu penelitiannya sendiri dilakukan pada 22 dan 23 November 2009, di Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang. Ada panjang banget isi makalahnya sampai 41 halaman, jadi sama aku dipotong-potong, tidak apa-apa ya.

Kenali Tarawangsa Jentreng

Yus Rusyana menyebutkan bahwa tradisi lisan merupakan bagian dari kebudayaan, oleh karena itu, tradisi lisan tentulah mempunyai hubungan dengan kebudayaan dan mencerminkan pula keadaan kebudayaan. Hidupnya tradisi lisan dalam masyarakat mencerminkan hidupnya kebudayaan (Rusyana, 2006: 1).

Tradisi lisan yang lebih populer disebut folklore ini memiliki keragaman jenisnya, seperti halnya disebutkan oleh Koentjaraningrat (1982) bahwa salah satu cakupan tradisi lisan adalah unsur-unsur kesenian folk termasuk instrumen keseniannya. Begitu pula Dorson (1972: 2-5) menyebutkan salah satu ruang lingkup di bagian keempat adalah performing folk arts (pertunjukan kesenian) seperti musik tradisional yang hingga kini masih memiliki daya tarik tersendiri untuk penelitian lebih lanjut.

Kesenian folk masih dipergunakan oleh sebagian masyarakat di salah satu desa di Jawa Barat yang bernama Rancakalong hingga sekarang. Desa yang berada di wilayah Kabupaten Sumedang ini memiliki jumlah penduduk 4012 orang.

Sebagai masyarakat Sunda yang memiliki perhatian dalam pemeliharaan alam dan sekitarnya, masyarakat di Rancakalong juga masih aktif melakukan hubungan secara spiritual terhadap penjaga-penjaga alam yang bersifat ghaib. Oleh karena itu, kesenian di Rancakalong pun tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi kebudayaan yang hidup dalam masyarakat penyangganya. Salah satu kesenian khas Rancakalong adalah kesenian jentreng atau tarawangsa.

Seni tarawangsa adalah kesenian yang tumbuh dari pola kehidupan bertani masyarakat Rancakalong. Seni tarawangsa adalah upacara ritual yang berhubungan dengan magis religius untuk menghormati Dewi Kesuburan, yaitu Dewi Sri. Walaupun keberadaannya sebagai salah satu tokoh dalam mitologi, masyarakat Rancakalong yang menyebutnya dengan nama Kersa Nyai masih melakukan penghormatan tersebut hingga saat ini.

Dengan tujuan agar Kersa Nyai tetap tinggal dan betah di Rancakalong. Hal ini sesuai dengan kebiasaan masyarakat yang menempatkan seni tarawangsa sebagai media pokok dalam penyelenggaraan upacara panen padi atau biasa disebut juga seureun taun.

Tarawangsa merupakan instrumen musik gesek yang bentuknya mirip dengan alat musik rebab. Resinatornya terbuat dari kayu berleher panjang dan bersenar 2 utas. Sedangkan jentreng adalah instrumen musik petik yang bentuknya mirip dengan alat musik kecapi bersenar 7 utas.

Kegiatan acara tersebut selain diisi dengan doa juga dengan tari-tarian yang dilakukan para penari yang diiringi dengan petikan alat musik tarawangsa dan jentreng ini, tarian yang gerakan-gerakannya diibaratkan sebagai media penghubung dunia ghaib dan batin si penari yang disebut kaserepan.

Seni tarawangsa pun dipakai untuk memperingati hari-hari besar Islam. Sampai sekarang kesenian tarawangsa dan jentreng masih tetap hidup, meskipun tidak berkembang luas seperti tari pergaulan lainnya. Masih terpeliharanya kesenian ini, karena diwariskan secara turun temurun oleh pemimpin kelompok kepada keturunannya. Adapun ketidak-berkembangnya, karena kesenian ini tidak dapat dipelajari seperti jaipongan atau tari pergaulan lainnya karena masih kuat unsur religius di dalamnya.

***

Tarawangsa merupakan salah satu jenis kesenian rakyat yang ada di Jawa Barat. Istilah tarawangsa sendiri memiliki dua pengertian: (1) alat musik gesek yang memiliki dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi dan (2) nama dari salah satu jenis musik tradisional Sunda.

Di dalam sejarah, tarawangsa lebih tua keberadaannya daripada rebab, alat gesek yang lain. Naskah kuna Sewaka Darma dari awal abad ke-14/15 M telah menyebut nama tarawangsa sebagai nama alat musik. Rebab muncul di Tanah Jawa setelah masa Islam sekitar abad ke 16-17 M, merupakan adaptasi dari alat gesek bangsa Arab yang dibawa oleh para penyebar Islam dari Arab dan India. Setelah kemunculan rebab, tarawangsa biasa pula disebut dengan nama rebab jangkung (rebab tinggi), karena ukuran tarawangsa umumnya lebih tinggi daripada rebab.

Di dalam sebuah pertunjukan, karena sebagai alat musik gesek, tarawangsa tentu saja dimainkan dengan cara digesek. Akan tetapi yang digesek hanya satu dawai, yakni dawai yang paling dekat kepada pemain. Sementara dawai yang satunya lagi dimainkan dengan cara dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri. Sebagai nama salah satu jenis musik, tarawangsa merupakan sebuah ensambel kecil yang terdiri dari sebuah tarawangsa dan sebuah alat petik tujuh dawai yang menyerupai kecapi, yang disebut jentreng.

Kesenian tarawangsa hanya dapat ditemukan di beberapa daerah tertentu di Jawa Barat, yaitu di daerah Rancakalong (Sumedang), Cibalong, Cipatujah (Tasikmalaya Selatan), Banjaran (Bandung), dan Kanekes (Banten Selatan). Dalam kesenian tarawangsa di Cibalong dan Cipatujah, selain digunakan dua jenis alat tersebut di atas, juga dilengkapi dengan dua perangkat calung rantay, suling, juga nyanyian.

Alat musik tarawangsa dimainkan dalam laras pelog, sesuai dengan jentrengnya yang distem ke dalam laras pelog. Demikian pula repertoir-nya, misalnya tarawangsa di Rancakalong terdiri dari dua kelompok lagu, yakni lagu-lagu pokok dan lagu-lagu pilihan atau lagu-lagu tambahan, yang semua berlaraskan pelog. Lagu pokok terdiri dari lagu Pangemat/Pangambat, Pangapungan, Pamapag, Panganginan, Panimang, Lalayaan dan Bangbalikan. Ketujuh lagu tersebut dianggap sebagai lagu pokok, karena merupakan kelompok lagu yang mula-mula diciptakan dan biasa digunakan secara sakral untuk mengundang Dewi Sri.

Sedangkan lagu-lagu pilihan atau lagu-lagu yang tidak termasuk ke dalam lagu pokok terdiri dari Saur, Mataraman, Iring-iringan (Tongeret), Jemplang, Limbangan, Bangun, Lalayaan, Karatonan, Degung, Sirnagalih, Buncis, Pangairan, Dengdo, Angin-angin, Reundeu, Pagelaran, Ayun Ambing, Reundeuh Reundang, Kembang Gadung, Onde, Legon (Koromongan), dan Panglima.

Lagu-lagu tarawangsa di Rancakalong jauh lebih banyak jumlahnya daripada lagu-lagu tarawangsa di Banjaran dan Cibalong. Lagu-lagu tarawangsa di Banjaran di antaranya terdiri dari Pangrajah, Panimang, Bajing Luncat, Pangapungan, Bojong Kaso, dan Cukleuk. Sementara lagu-lagu Tarawangsa di Cibalong di antaranya terdiri dari Salancar, Ayun, Cipinangan, Mulang, Manuk Hejo, Kang Kiai, Aleuy, dan Pangungsi.

Sebagaimana telah disinggung di atas, alat musik pokok kesenian tarawangsa terdiri dari tarawangsa dan jentreng. Menurut sistem klasifikasi Curt Sachs dan Hornbostel, tarawangsa diklasifikasikan sebagai Chordophone, sub klasifikasi neck-lute, dan jentreng diklasifikasikan juga sebagai Chordophone, sub klasifikasi zither. Sedangkan menurut cara memainkannya, tarawangsa diklasifikasikan sebagai alat gesek dan jentreng diklasifikasi sebagai alat petik.

Alat musik Tarawangsa terbuat dari kayu kenanga, jengkol, dadap, dan kemiri. Dalam ensamble, tarawangsa berfungsi sebagai pembawa melodi (memainkan lagu), sedangkan jentreng berfungsi sebagai pengiring (mengiringi lagu).

Pemain tarawangsa hanya terdiri dari dua orang, yaitu satu orang pemain tarawangsa dan satu orang pemain jentreng. Semua pemain tarawangsa terdiri dari laki-laki, dengan usia rata-rata 35-60 tahunan. Mereka semuanya adalah petani, dan biasanya disajikan berkaitan dengan upacara padi, misalnya dalam ngalaksa, yang berfungsi sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah.

Dalam pertunjukannya ini biasanya melibatkan para penari yang terdiri dari laki-laki dan perempuan. Mereka menari secara teratur. Mula-mula Saehu/Saman (laki-laki), disusul para penari perempuan. Mereka bertugas ngalungsurkeun (menurunkan) Dewi Sri dan para leluhur. Kemudian hadirin yang ada di sekitar tempat pertunjukan juga ikut menari.

Tarian tarawangsa tidak terikat oleh aturan-aturan pokok, kecuali gerakan-gerakan khusus yang dilakukan Saehu dan penari perempuan yang merupakan simbol penghormatan bagi Dewi Padi. Menari dalam kesenian tarawangsa bukan hanya merupakan gerak fisik semata-mata, melainkan sangat berkaitan dengan hal-hal metafisik sesuai dengan kepercayaan si penari. Oleh karena itu tidak heran apabila para penari sering mengalami trance (tidak sadarkan diri).

Ujungberung II, 20 Desember 2009

Foto diambil pada 11 September 2009 di Dipati Ukur, Bandung.

Kategori: Tugas dan Tulisan.