Nada Gitar Suling

Oleh Persona Non Grata

Lahir di Jatinangor, versi cerita pendek 2013
Dicakan oleh Iiw, dicipta 2016
Cerpen karya Sinta Ridwan, ditulis 2013

Kamarku malam ini penuh dengan nada-nada tiupan suling dan petikan gitar yang berbunyi tanpa jeda bahkan terus mengisi sudut-sudut di ruang kosong. Lengkingan suling bambu khas Sunda yang meliuk-liuk naik-turunnya itu diimbangi gitar yang hampir tidak digenjreng. Jika tidak tahu jenis musik ini dan belum pernah melihat secara langsung, mungkin suara gitar yang menggema akan dikira petikan kecapi. Sebagian orang pasti merasa aneh melihat kolaborasi alat musik tradisi macam suling dengan alat musik modern seperti gitar elektronik.

Nama duet instrumen musik itu tarling. Ya, hanya gitar dan suling. Keduanya mengiringi seorang penyanyi, lebih tepatnya seorang pesinden. Keberadaan suara sinden di tarling sangat menarik karena biasanya sinden berada di antara gamelan dan dalang wayang. Andai tidak ingat tarling hanya gitar dan suling, rasanya orang tidak akan percaya karena suara yang didengar padat. Penuh. Dan cukup ramai untuk mengiringi suara sinden yang meninggi dan merendah.

°

*Foto di Soundcloud by Abdul @tukangkekeur. Foto di head 2 Januari 2014, Toula, Russia. Cerita lebih lengkap ada di https://indoprogress.com/2016/01/nada-gitar-suling/

Kategori: Membaca dan Puisi.